Tuesday, October 15, 2013

Sejarah Pempek Palembang

Aneh - Harus diakui bahwa pelopor pembuatan pempek dilakukan oleh imigran keturunan China yang memanfaatkan ikan yang melimpah di sekitar sungai Musi Palembang pada jaman dahulu. Kreatifitas ini muncul berlatar belakang karena banyaknya ikan yang harus terbuang sia-sia pada saat itu. Pemikiran yang kreatif, cemerlang dan positif ini menghasilkan makanan populer yang lezat dan melegenda.


PEMPEK, itulah kebanyakan orang mengenal makanan tersebut, dan sekarang menjadi makanan khas Palembang yang banyak digemari oleh banyak orang. Makanan ini terbuat dari ikan, sagu dan bumbu tambahan sebagai penyedap rasa. Orang boleh saja menyebut ‘pempek’, ‘empek-empek’, ‘pmp’, ‘mpek-mpek’ atau ‘mpe-mpe’… , apapun sebutannya maksudnya tetap sama… ‘PEMPEK’… :)

Kenapa disebut PEMPEK? Sebutan ini sebetulnya pergeseran dari kata ‘Apek’. Kata ‘apek’ itu sendiri merupakan panggilan warga setempat untuk memanggil warga keturunan yang menjajakan ‘pempek’ tersebut secara berkeliling. Waktu terus berjalan, sekarang orang lebih mengenal dengan sebutan PEMPEK…

No comments:

Post a Comment

LinkWithin